Sabtu, 02 Agustus 2014

Perlengkapan / Atribut Pakaian Pesreta MOPDB SKANSAT 2014/2015

      Masa Orientasi Peserta Didik Baru yang kian akrab di sebut MOPDB ini memang salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh calon peserta didik baru. Dimana kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Tata aturan, adat isiadat, kebudayaan, maupun sikap – sikap yang perlu diperhatikan dilingkungan SMK Negeri 1 Tonjong. Seperti MOPDB pada tahun – tahun sebelunya, peserta MOPDB wajib menaati peraturan-peraturan yang berlaku di acara ini. Salah satunya mengenai Costum atau pakaian yang harus dikenakan peserta, tentunya setiap Program keahlian atau masing masing jurusan memiliki ciri khas tertentu. Berikut adalah ciri pembeda di setiap Program Keahlian.

1. Topi atau penutup kepala.
a. Program Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TOKR) Menggunakan topi cepon (enthik) yang bermotifkan / difariasikan dengan Dami / batang padi kering, yang dililitkan disekeliling topi, dan ditancapkan diatas topi. Adapun untuk warna talinya menyesuaikan warna Jurursan, (Biru). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar.



b. Program Keahlian Teknik Pemanfaatan Instalasi Tenaga Listrik (TPITL) Menggunakan topi cepon (enthik) yang bermotifkan / divariasikan dengan Daun yang dipasang di sekeliling topi. Dan warna talinya menyesuaikan warna jurusannya, (Merah Muda). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar.



c. Program Keahlian Teknik Audio Video (TAV) Menggunakan topi cepon (enthik) yang bermotifkan / diffariasikan dengan tempelan bulu ayam disekeliling dan diatas topi. Menempelkannya dapat menggunakan Lem. Untuk warna tali dapat menyesuaikan warna jurusannya, (Kuning). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar.




d. Program Keahlian Animasi Tidaklah berbeda dengan jurusan-jurusan sebelumnya, menggunakan topi cepon / enthik, namun bermotifkan / difariasikan dengan anyamayn janur dan dikasih moncong di depannya. Dan untuk warna tali dapat menyesuaikan warna jurusannya, (Putih) Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar.



      2. Cocard / Papan Nama
Papan nama dibuat berbentukkan Lebah, dengan ketentuan ukuran Panjang = 20 cm, dan Tinggi 10 cm. Warna dasar Cocard dan tali pengalung menyesuaikan warna jurusan. Kemudian pada papan nama tersebut tuliskan nama bagus peserta, dan di belakangnya ditulis nama Asli peserta.


Catatan : Apabila menemukan kesulitan dalam mencari bagian-bagian perlengkapan, dapat diganti dengan elemen / bahan lain yang mirip atau menyerupai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya.,...

Entri Populer